Kawah Ijen Adalah Danau Kawah Terbesar di Dunia

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Danau Kawah Ijen merupakan sebuah danau yang terletak di bagian puncak gunung Ijen. Karena proses letusan gunung Ijen, kawah tersebut dipenuhi oleh air sehingga terbentuklah danau kawah yang sangat indah dan menakjubkan. Danau kawah dengan airnya yang berwarna hijau toska dan ber-pH sangat asam. Di sebelah tenggara danau terdapat lapangan solfatara yang merupakan dinding danau Kawah Ijen dan di bagian barat terdapat Dam Kawah Ijen yang merupakan hulu dari Kali Banyupait.

Lapangan solfatara Gunung Kawah Ijen yang selalu melepaskan gas vulkanik dengan konsentrasi sulfur yang tinggi dan bau gas yang kadang menyengat dan mengiritasi saluran pernafasan ini merupakan objek wisata yang tak pernah terlewatkan untuk didatangi, bahkan tempat ini disiang hari tak pernah sepi karena selalu terdapat penambang belerang yang mengambil dan mengangkut/memikul sublimat belerang sampai di Paltuding.

Dam Kawah Ijen merupakan bagian dari objek wisata menarik tetapi tidak selalu dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan antara lain pencapaiannya yang sulit disebabkan jalan menuju kesana sering rusak karena terjadi longsor. Dam Kawah Ijen adalah bangunan beton yang dibangun sejak jaman penjajahan Belanda dan dimaksudkan untuk mengatur level air danau agar tidak menyebabkan banjir air asam. Tetapi bendungan ini sekarang tidak berfungsi karena air tidak pernah mencapai pintu air disebabkan terjadinya rembesan/bocoran air danau di bawah dam.

Terjadinya rembesan yang terus menerus ini mengakibatkan terjadi proses pembentukan gypsum dari hasil reaksi sulfat yang terkandung dalam air danau dengan senyawa Kalsium baik dari air tersebut maupun dengan Kalsium dari batuan yang dilewati dan proses penguapan yang juga mempercepat pembentukannya. Lapangan Gipsum dapat menjadi salah satu objek wisata yang menarik bila dikelola secara professional.

Perjalanan wisata ke kawah Ijen, dimulai dari Paltuding 1,600 mdpl, sebuah pos Perhutani di kaki gunung Merapi- Ijen. Dari sini jalan tanah terus menanjak ke ketinggian 2,400m dpl dengan waktu tempuh 1.5 – 2 jam jalan santai. Sepanjang perjalanan banyak berpapasan dengan pemikul belerang yang ramah bertukar salam. Tiba di bibir kawah, sebuah danau hijau tosca dengan diameter 1 km berselimutkan kabut dan asap belerang berada jauh dibawah. Untuk bisa menuju ke sumber penghasil belerang tsb, harus menuruni bebatuan tebing kaldera melalui jalan setapak yang dilalui para penambang. Sapu tangan basah sangat diperlukan, karena seringkali arah angin bertiup membawa asap menuju ke jalur penurunan.

Didasar kawah, sejajar dengan permukaan danau terdapat tempat pengambilan belerang. Asap putih pekat keluar menyembur dari semacam pipa besi yang dihubungkan ke sumber belerang. Lelehan 600oC fumarol berwarna merah membara meleleh keluar dan membeku karena udara dingin, membentuk padatan belerang berwarna kuning terang. Terkadang bara fumarol menyala tak terkendali, yang biasanya segera disiram air untuk mencegah reaksi piroporik berantai. Batu-batuan belerang ini dipotong dengan linggis dan diangkut kedlm keranjang. Para penambang umumnya bekerja sambil menggigit kain sarung atau potongan kain seadanya sebagai penapis udara.

Pendakian ke kawah Ijen umumnya disarankan dimulai pada pagi hari. Demi alasan keamanan, pendakian ke kawah ijen dari Paltuding ditutup selepas pukul 14:00, karena pekatnya asap dan kemungkinan arah angin yang mengarah ke jalur pendakian. Bila melakukan perjalanan di pagi hari, pengunjung disarankan untuk menginap di lokasi terdekat seperti Pondok Wisata di Paltuding yang cukup bersih, atau membuka tenda di bumi perkemahan Paltuding. Jika ingin menikmati suasana perkebunan pegunungan, tempat yang berkesan untuk bermalam adalah Guest House Perkebunan Kopi PTP Nusantara XII di Kalisat, Jampit. Guest house ini terletak didalam kompleks perumahan perkebunan pada ketinggian sekitar 1,200 mdpl. Temparature rata-rata di sekitar kawah Ijen adalah 13 oC di siang hari dan 2 oC di malam hari. di penginapan Paltuding.

Cara untuk pergi ke kawah Ijen

Terdapat dua alternatif jalan untuk sampai ke kawah Ijen, yang pertama adalah dari Banyuwangi ke Licin – Jambu – Patulding. Sekitar 38 km dari Banyuwangi, tapi ini jalan yang buruk. Yang kedua adalah dari Bondowoso – Wonosari – Sempol – Patulding, sekitar 70 kilometer jalan dengan lebih baik. Disarankan untuk pergi dari Bondowoso.
Jika berkunjung dari Bondowoso, para wisatawan yang akan melewati perkebunan kopi. Ini merupakan pemandangan indah yang pernah ada. Hijaunya pohon kopi arabika adalah pemandangan yang sangat bagus untuk dinikmati.
Untuk mencapai kawah Ijen dari Surabaya, kita bisa menggunakan transportasi umum dengan rute sebagai berikut:

Surabaya – Bondowoso: 180 km dengan bis umum
Bondowoso – Paltuding: 68 km dengan transportasi umum
Paltuding – untuk lokasi: 2 km dengan berjalan kaki.

Sumber : http://www.bondowosokab.go.id/pariwisata/Kawah_Ijen.html, IndoMan-Groupies Owner.

About these ads
  1. Halo mas Ilul, menarik ulasan perjalanan ke kawah ijen. Semoga di tahun2 mendatang orang2 di sekitar desa Taman sari tidak ikut2an kerja di ijen lagi dan perlu reformasi peningkatan standar fasilitas kerja dari PT. Candi Ngrimbi

    • aiv
    • June 4th, 2011

    wawwwww kren sekali ya kawah ijen. trnyata indonesia memiliki keindahan yg sangat luar biasa…..
    tp ada sdikit yang ingin saya tnyakan dari revernsi web yg sya dapat ada beberapa yg menuliskan bahwa letak gunung ijen berada di wilayah banyuwangi, ada jg yg mngatakan brada di wilayah bondowoso. sebenarnya letak gunung ijen berada diwilayah mana??? banyuwangi or bondowoso????? cz sya ingin sekali mengunjungi kawah terbesar didunia ini. sehingga saya mendapatkan data yg falid…..
    nice posting…..

      • Mas iLul
      • June 6th, 2011

      Terima kasih sudah berkunjung..
      kebetulan Kawah ijen itu terletak di perbatasan tiga daerah, Bondowoso-Banyuwangi-dan Situbondo. jadi agak susah juga itu milik daerah mana. tapi yang jelas, kawah ijen itu paling mudah di datangi/dikunjungi melewati daerah Bondowoso. (diposting sudah dijelaskan). Monggo.. ditunggu kedatangannya..

  2. saya ada rencana ke 3 tempat (dr Jkrt/backpack)= Ijen, dieng, Gn.kidul pd pertengahan desember besok, manakah yg hrs dikunjungi terlebih dahulu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: