Kiat dan Strategi Mencari Kerja dan Berkarier di Institusi/Perusahaan Internasional


Berkarier di Institusi/Perusahaa n Internasional Berkarir di institusi internasional sangat menjanjikan, baik dari sisi jenjang karir maupun penghargaan (gaji, fasilitas, dan lain-lain). Metode konvensional seperti mencari informasi lowongan kerja di koran dan mengirimkan lamaran sebanyak-banyaknya ke berbagai institusi tanpa strategi terbukti kurang efektif di era kompetitif seperti sekarang ini.

Terdapat berbagai strategi non-konvensional dalam pencarian kerja, di antaranya mengikuti program internship (magang) sewaktu menempuh kuliah, menerima tawaran kerja part time, short-term maupun freelance di institusi yang kita inginkan. Dengan demikian kita bisa lebih dikenal dan mengenal institusi tersebut lebih dalam, dan jika performa kerja kita prima, maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan jenis kontrak yang lebih permanen atau berjangka panjang akan lebih terbuka lebar.

Berdasarkan fakta dan penelitian:
* Lebih dari 70% pekerjaan diisi oleh kandidat internal (alias ‘orang dalam‘)
* Lebih dari 50% karyawan mendapatkan pekerjaan yang lowongannya tidak pernah diiklankan
* 70% – 80% pekerjaan diperoleh melalui jejaringan (networking) , dan hanya 5% dari iklan lowongan dan pameran bursa kerja.
Berikut ini 5 Tips untuk Sukses Berkarier Internasional:

1) Dalam menyusun surat lamaran, tonjolkan ‘unique selling points’ yang membedakan Anda dari kandidat lainnya.

2) Hindari mengirimkan surat lamaran tipe ‘one size fits all’ alias generik. Susunlah surat lamaran yang spesifik untuk posisi yang dilamar dan merespon kebutuhan institusi atau perusahaan, serta menjelaskan kemungkinan kontribusi apa saja yang dapat Anda tawarkan bagi mereka.

3) Susunlah reputasi online Anda. Hindari mem-posting hal-hal yang negatif mengenai rekan kerja, kantor, office politics, ataupun informasi yang terlalu pribadi pada situs jejaringan sosial (Facebook, Twitter, Friendster, atau lainnya) dan juga blog Anda.

4) Andalkan jejaringan dalam memperoleh kesempatan kerja di institusi yang menarik bagi Anda. Jejaringan ini dapat dibangun melalui berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti program magang (internship) , volunteering, ataupun kerja part time di industry atau institusi yang ingin Anda geluti.

5) Promosikan diri tiap ada kesempatan dan sampaikan bragologue Anda dengan percaya diri.

( INDOMAN-Groupies )

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ilul Creative

Menatap Dunia Dengan Hati

— h u r u f k e c i l

"Saya menulis karena sering diserang perasaan ingin berada di sini, di sana, dan di mana-mana sekaligus." — M Aan Mansyur

assesoriscantik

A fine WordPress.com site

waroengkopiluwak

A great WordPress.com site

Aliya Design & Print

sahabat percetakan Anda...

%d bloggers like this: