5 Alasan Utama Orang Ingin Pindah Kerja

Ketika saya harus melakukan interview atau wawancara dengan seorang kandidat yang dirasa memiliki kualifikasi bagus untuk dinominasikan menempati posisi tertentu di perusahaan klien saya, salah satu pertanyaan yang hampir selalu terucap dari bibir saya adalah:

“Ada alasan tertentu kenapa anda ingin pindah dari perusahaan tempat anda bekerja saat ini?”

Dari sekian banyak alasan, inilah 5 besar alasan utama yang paling sering dilontarkan oleh kandidat, mengapa mereka masih ingin pindah kerja meski sudah menduduki jabatan cukup tinggi dan menerima gaji relatif besar di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini…

1. Ingin mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi

Tidak bisa dipungkiri, meski jarang terlontar secara eksplisit, tapi inilah alasan utama mengapa orang ingin (atau minimal tertarik) untuk pindah kerja ke tempat lain. Meski mereka memiliki 4 alasan yang telah disebutkan sebelumnya, tapi bila satu hal ini tidak sesuai dengan ekspektasi, biasanya yang sering terjadi kandidat akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk memasuki tahapan rekrutmen selanjutnya.

Perlu diingat, saya menuliskan ini bukan untuk mengatakan bahwa menyebutkan alasan-alasan tersebut adalah “haram” ketika menjawab pertanyaan saya diatas.

Sama sekali tidak ada yang “haram” bila anda berinteraksi dengan seorang headhunter, semakin anda jujur menjawab pertanyaan headhunter, akan semakin mudah pula pekerjaan headhunter dalam melihat apakah anda adalah kandidat yang cocok bagi perusahaan klien atau bukan.

Karena toh tidak ada gunanya juga memberikan jawaban yang “politically correct”, bila ternyata kemudian apa yang anda temukan di tempat kerja yang baru sama sekali tidak sesuai dengan bayangan anda semula.

Kadang pindah kerja ke tempat baru belum tentu selalu memberikan solusi bagi masalah yang anda temui di tempat kerja saat ini. Tapi bila anda yakin bahwa pindah kerja ke tempat baru merupakan alternatif solusi satu-satunya, so be it!

2. Ingin menapaki jenjang karir yang lebih baik

Alasan ini sangat sering terdengar, terutama bila saya menawarkan posisi yang lebih tinggi di perusahaan klien pada seorang kandidat. Katakanlah saya menawarkan posisi level manajer pada seorang senior officer yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di posisi yang sama, rasanya wajar sekali mendengar alasan ini sebagai motivasi mereka untuk pindah kerja.

3. Ingin mencari tantangan baru

Alasan ini sangat bisa dimengerti. Saya pribadi melihat kecenderungan para kandidat yang senang mencari tantangan baru adalah kandidat yang dinamis dan memiliki banyak ide-ide segar, yang mungkin tidak bisa secara optimal tereksploitasi dengan leluasa di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini.

4. Ingin mencari suasana baru

Meski sedikit meragukan, tapi alasan ini cukup masuk akal, karena kondisi di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini bisa jadi sudah tidak kondusif lagi untuk perkembangan karir mereka. Office politics yang makin meruncing sering dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa orang ingin mencari suasana baru dan berkeinginan pindah kerja ke perusahaan lain.

5. Ingin berkantor dengan jarak yang lebih dekat

Saya cukup sering mendengar alasan ini, karena mungkin sebuah kebetulan juga bila rumah kandidat dan kantor klien masih termasuk dalam satu wilayah, atau setidaknya berjarak jauh lebih dekat dibandingkan jarak rumah kandidat dengan kantor mereka saat ini.

Drop your CV to me… and pray that hopefully one of my clients is currently looking for a professional with qualifications like yours.

Ada satu lagi alasan cukup penting yang terlupakan. Banyak juga kandidat dengan status kontrak ingin pindah kerja ke perusahaan lain yang menawarkan status permanen, meski mungkin total take home pay yang ditawarkan tidak sebesar yang diterima ketika bekerja sebagai pegawai kontrak.

Cukup masuk akal, karena dengan status pegawai permanen, at least dari segi job security dan stabilitas karir memang lebih menjanjikan dibandingkan bekerja sebagai pegawai kontrak yang terpaksa harus ‘kasak-kusuk’ mencari lowongan kerja setiap kali masa kontraknya mendekati akhir.

Quote of The Day:

“Success is going from failure to failure without loss of enthusiasm.” by Winston Churchill

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ilul Creative

Menatap Dunia Dengan Hati

— h u r u f k e c i l

"Saya menulis karena sering diserang perasaan ingin berada di sini, di sana, dan di mana-mana sekaligus." — M Aan Mansyur

assesoriscantik

A fine WordPress.com site

waroengkopiluwak

A great WordPress.com site

Aliya Design & Print

sahabat percetakan Anda...

%d bloggers like this: