Trik Buat Dapetin Kerja dari Intertnet

VIVAnews – Perkembangan dunia digital memang bisa mempermudah segalanya, termasuk untuk mencari pekerjaan. Masalahnya adalah kesulitan saat proses mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan serta karier terdahulu Anda.


Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam berseluncur di dunia maya untuk mencari pekerjaan. Tidak heran setelah itu muncul rasa lelah dan jenuh serta berujung putus asa. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah trik berikut agar proses mencari pekerjaan menjadi menjadi lebih efektif dan efisien.

1. Tentukan target
Ketahui karier apa yang paling Anda inginkan. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk membuat target pencarian lowongan yang diinginkan. Buatlah target perhari, setidaknya setiap hari Anda harus mendapatkan dua lowongan yang dinginkan agar waktu Anda tidak terbuang percuma.

2. Riset
Lakukan riset dan “bookmarks” situs lowongan pekerjaan yang menurut Anda memiliki kredibilitas. Jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi situs-situs perusahaan besar. Biasanya perusahaan besar, memiliki kanal karier tersendiri dan mengumumkan lowongan lewat kanal tersebut.

3. Manfaatkan mesin pencari pekerjaan
Maksimalkan mesin pencari pekerjaan yang terdapat pada situs lowongan pekerjaan. Gunakan kata kunci yang langsung merujuk pada lowongan yang diinginkan. Jika Anda tidak menemukan, baru tengok lowongan lain yang cukup menarik bagi Anda. Cobalah fokus saat mencari pekerjaan di dunia maya. Jangan sambil melakukan kegiatan lain. Hal ini sangat penting agar perhatian Anda tidak terbagi.

4. Gunakan situs jejaring sosial
Jangan hanya menggunakan situs jejaring sosial untuk senang-senag saja. Anda bisa “menjual diri” dan mendapatkan pekerjaan lebih cepat. Buatlah jaringan yang kuat dengan teman atau orang-orang yang mungkin memiliki info lowongan yang cocok bagi Anda.

5. Buatlah resume yang menarik
Cobalah lebih kreatif dalam membuat resume baik dari sisi desain maupun isi. Hal ini bisa memicu ketertarikan orang untuk mengetahui Anda secara lebih dalam. Jika ingin mengirim surat lamaran, pastikan semuanya tertata baik. Mulai dari bahasa, tata letak, hingga kelengkapan dokumen.

6. Kesan pertama adalah senjata utama
Sebagian besar situs lowongan pekerjaan meminta Anda memasukkan surat lamaran dan resume lewat surat elektronik. Ada juga perusahaan yang membuka lowongan dengan mengisi lamaran secara elektronik, atau keduanya. Saat mengisi aplikasi, pastikan untuk mengisi semua bidang dan periksa kesalahan tata bahasa. Calon perusahaan Anda pastinya ingin mewawancarai seseorang yang kompeten dalam bidangnya. Surat lamaran kerja yang baik adalah kesempatan untuk memberikan kesan pertama.

7. Cari peluang baru
Pertahankan dan jalin hubungan dengan teman dan kolega di daftar AIM dan akun Twitter. Bisa saja beberapa teman lama memberi informasi mengenai lowongan kerja. Kontak dengan kolega dan teman dari masa lalu, membuka peluang Anda menemukan peluang baru. Mungkin Anda tidak akan mendapat respon semua orang, tapi menjalin pertemanan tidak pernah menyakitkan.

8. Gunakan Resume
Manfaatkan situs yang membantu menampilkan resume Anda dan membantu memperbaruinya. Bagi calon pencari kerja, resume sangat penting karena mulanya Anda dinilai hanya dari selembar kertas. Jadi, buatlah resume berharga untuk dibaca, hindari resume warna pink dan beraroma parfum.

9.Tindak lanjuti Perusahaan Potensial
Setelah mengikuti semua tips di atas, tindaklanjuti semua lamaran melalui telepon atau surat elektronik apabila tidak mendapat pemberitahuan selama dua minggu. Kirimkan ucapan terima kasih untuk menunjukkan dedikasi, dan membuat resume Anda naik ke permukaan tumpukan.

Perusahaan akan melihat Anda serius mengenai pekerjaan baru dan sangat antusias mengikuti proses wawancara. Namun hati-hati agar tidak memperlihatkan antusiasme berlebihan karena sangat mengganggu calon perusahaan.

10. Raih Pekerjaan
Langkah-langkah di atas telah membantu pencarian tanpa stres serta meraih pekerjaan impian. Sekarang saatnya membuktikan pada perusahaan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ilul Creative

Menatap Dunia Dengan Hati

— h u r u f k e c i l

"Saya menulis karena sering diserang perasaan ingin berada di sini, di sana, dan di mana-mana sekaligus." — M Aan Mansyur

assesoriscantik

A fine WordPress.com site

waroengkopiluwak

A great WordPress.com site

Aliya Design & Print

sahabat percetakan Anda...

%d bloggers like this: