Profil Jamiyyah Qoshoid Al-Abror Sampang Madura


Al-Abror Berdiri Pada Tanggal 03 Agustus 2006, Di Ketapang Sampang Madura. Yang dipimpin langsung Oleh Ustadz Muhsin (Lamongan), Satu Tahun kemudian pimpinan Al-Abror diganti dengan Ust. Khoirul Anwar (Paleh Daya Ketapang Sampang) karena pimpinan sebelumnya pulang kekampung halamannya di Lamongan jawa timur. Sejak kepemimpinan Ust. Anwar banyak kemajuan dalam seni maupun aransmen lagu Al-albror, sehingga banyak lagu-lagu Al-Abror yang disukai bahkan diminati oleh para penikmat musik madura. walaupun pada saat itu Al-Abror belum memulai Rekaman Studio, lagu-lagu ciptaan Ust. Anwar yang dijuluki dengan “Si Hati Salju” direkam secara live konser dan diperbanyak untuk kalangan sendiri mendapat respon yang sangat positif. Terbukti dengan melonjaknya permintaan Kaset VCD Al Abror dari berbagai kalangan.
Sebelum memulai debut rekaman perdananya, Al-Abror sudah mempunyai banyak Album live konser di antaranya “CARETA KOBUR” yang dirilis pada tahun 2007. Kemudian “MINTEN” 2008 , “NUKMANUAN” 2008, “KIAMAT” 2009, dll. Lagu-lagu tersebut adalah aransmen ulang dari lagu pop melayu indonesia dengan lirik berbahasa madura yang cerdas, menggelitik dan menghibur.
Tahun 2010 adalah tahun keberuntungan bagi Al-Albror, karena pada tahun tersebut Al-Abror sudah mulai dilirik oleh manager studio rekaman, dan walhasil Album Perdana Al-Abror yang bertajuk “RENG MADHURE” laris manis dipasaran. Seluruh radio dijawa timur tak ketinggalan memutar lagu RENG MADHURE sebagai lagu yang banyak di request dan lagu wajib Acara Maduraan. Bahkan disetiap acara-acara perkawinan tak jarang sound system mengumandangkan lagu GEOGHE tersebut.


Dunia musik tanah air khususnya Musik madura terhenyak, lagu madura yang dulunya hanya didengarkan segelintir orang kini sudah mulai terdengar lagi, sehingga banyak pekerja musik madura yang ingin mengikuti jejak Al-Albror dengan membuat lagu-lagu balasan dari “RENG MADHURE” dari versi Gambus sampai dangdut, Namun tak bertahan lama. Karena Al-Abror mempunyai khas dan karakter tersendiri sehingga tidak bisa ditiru hanya dengan jiplakan semata.
Ust Syafii Gambus Alifroh dan Maharani Yang sudah melanglang buana dunia rekaman di madura tertarik untuk berduet bahkan menampilkan karya Ust. Anwar dalam deretan lagunya. Dengan judul “USTAD GAUL” menjadi bukti bahwa Album “RENG MADHURE” sangat menginspirasi banyak kalangan musik etnik Madura.


Kesuksesan Ust. Anwar dalam memimpin Al-abror tidak membuat Qoshoid yang dipimpinnya berjalan dengan mulus. Banyak permasalahan intern yang mengharuskan pergantian personil, ada beberapa vokalis tetap, terpaksa diganti karena permasalahan yang biasa terjadi dalam dunia rekaman. Meski demikian, Al-Abror Terus berkarya dengan meluncurkan album-album terbarunya “SABIASAH” 2011, Dan “CAK MADHURE” 2012. Juga beberapa Album cover single(rekaman Biasa) yang juga laris dipasaran seperti “MBAH MARIJAN”, “TAK APASAH” dan “ALMUKARROM TV”.

Tak ketinggalan juga, di dunia maya banyak video Al-abror di upload di youtube sudah ratusan ribu orang yang menginvite (nonton), tidak hanya dari dalam negeri bahkan orang madura yang berada di luar negri seperti Saudi Arabia, Singapura, Taiwan, Brunai dll merespon baik dan mendukung penuh Kepada Al-Abror.

Semoga Ditahun-tahun berikutnya Al-Abror bisa terus berkarya lebih baik, lebih Original dan tetap “ASLI RENG MADHURE”.
Salam Sukses.

  • Trackback are closed
  • Comments (7)
    • Pimpinan SAHABAT al-abror
    • April 2nd, 2012

    Ats nama kluarga besar Al-Abror & SAHABAT al-abror, Qm mngucapkan trim’s bnyak ats smuax…

    smoga ap yg Mz brikan kpd Al-abror mndapatkan balasan yg stimpal oleh ALLOH…

    TTD..
    Pimpinan SAHABAT al-abror

      • Mas iLul
      • April 3rd, 2012

      Sama sama, Mohon kritiknya juga.

  1. ijin copas tretan.posting anda yang selama ini kami cari..karena banyak permintaan dari sahabat Extra Madura.

  2. Kalo aku sih emmmm sblom al-abror booming kyq skrng dri dulu aku nge fans ke al abror waktu vocalis2 nya item2 kalo skrng ma langsep kuning

    Wktu itu blom ada cd hsil rekaman al abror yg booming sperti skrng

    Hhheee
    Tetep jaya al abror

  3. smoga makin jaya dengan pesan2 islam lewat nada…

    • Eddy alfaruq
    • April 16th, 2014

    Aq masih kurang puas dengan kehadiran al abror karna al abror selalu hadir dengan sangat terhibur..

  4. Sebagai orang Jawa yg cuma bisa ngomong Madhura sedikit sedikit… Saya sangat enjoy ndengerin lagu nya bahkan sampe ketawa2 sendiri..
    Tapi ndenger ny musti sambil liat klip nya (buat baca teks nya)

    Lha klo ndak gitu, saya ndak mudheng ini ngomong apa… Heheehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ilul Creative

Menatap Dunia Dengan Hati

— h u r u f k e c i l

"Saya menulis karena sering diserang perasaan ingin berada di sini, di sana, dan di mana-mana sekaligus." — M Aan Mansyur

assesoriscantik

A fine WordPress.com site

waroengkopiluwak

A great WordPress.com site

Aliya Design & Print

sahabat percetakan Anda...

%d bloggers like this: